7 Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induknya

Merawat kucing itu lebih mudah jika ada induknya, kita tidak perlu lagi melakukan perawatan khusus terhadap anak kucing. Namun terkadang ada juga induk kucing yang meninggalkan anaknya setelah melahirkan, atau kita mendapatkan anak kucing dari teman atau beli tanpa induk nya, atau induknya mati?? dengan begitu kita perlu merawat anak kucing tersebut dengan perlakuan khusus.

Sepertinya anak sedang memiliki anak kucing tanpa induknya, baiklah kami akan sedikit memberikan ulasan mengenai perawatan kepada anak kucing tanpa induk. Silahkan anda praktekan dirumah, mudah – mudahan anak kucing yang anda rawat saat ini tetap sehat dan tumbuh menjadi kucing dewasa dan memberikan keturunan yang banyak nantinya.

Merawat Anak Kucing Tanpa Induk

1.  Anak kucing memiliki kebiasaan tidur, akibat tidur yang terlalu sering pada anak kucing maka biasanya akan ada kotoran yang memenuhi matanya, kalau bahasa manusianya “belek”. Maka dari itu rutin lah membersihkannya, karena biasanya jika ada induknya, ia akan membersihkan mata anaknya dengan menjilatinya.

2. Namanya anak kucing yang masih kecil tentu tidak terlepas dari susu induk nya, namun jika induknya tidak ada maka anda harus memberikan susu kepadanya. Tentunya dengan susu khusus kucing yang telah banyak dijual di toko binatang, janganlah memberikan susu formula bayi itu tidak cocok untuk anak kucing. Susu kucing yang paling bagus adalah merek KMR dan Goat Milk. Baca : “Harga Susu Kucing KMR “

3. Gunakan wadah khusus untuk memberikan makanan dan minuman, termasuk susu yang akan diberikan. Penyeduhan susu menggunakan air hangat yang tidak terlalu panas. Jika anak kucing belum bisa minum sendiri maka bantulah dengan menggunakan sedotan, lakukan sehingga anak kucing kenyang.

foto anak kucing lucu

anak kucing lucu

4. Tanda tanda anak kucing lampar ketika suara ngeong nya keras, maka berilah susu kucing seperti yang telah dijelaskan pada poin 2, ingat jangan beri susu formula karena anak kucing akan muntah. Jika masih saja mengeong tapi tidak mau minum susu maka berikan dia tempat tidur yang nyaman, coba pindahkan kucing ke tempat yang paling nyaan, letakan pada alas yang berbulu

5. Anak kucing akan terus tumbuh dewasa, semakin dewasa maka anak kucing akan menginginkan tambahan makanan, anda bisa memberikan makanan tambahan berupa pelet kucing, bisa dibeli di toko hewan.

6. Beli perlengkapan khsusus berupa wadah dan tampungan kotoran si kucing di pet shop (toko binatang) terdekat. Biasakan kucing untuk membuang kotorang dengan baik, tidak sembarangan.

7. Ajak kucing bermain agar tidak jenuh sekaligus mengajari mereka berlari, caranya bisa menggunakan pancingan benda yang di ikat. Contoh : ikatlah sebuah kertas kemudian gerak – gerakan di dekat nya sampai si kucing mengejar dan menangkap. Lakukan setiap pagi hari dan sore.

Leave a Reply