4 Program Baru BPJS Ketenagakerjaan

Asuransi BPJS – Sebuah program yang telah lama direncanakan akhirnya beroperasi juga, yaitu Program Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan yang diresmikan langsung oleh bapak presiden Jokowi pada 1 Juli 2015. Program baru yang akan di jalankan ada 4 program : yaitu Jaminan Kematian (JK), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun.

Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini sangat penting untuk melindungi para pekerja informal seperti para nelayan dan petani. Terdapat perubahan santunan untuk masing – masing program. Santunan untuk Program JK dari Rp21 juta menjadi Rp24 juta, dan santunan JKK dari sebelumnya Rp20 juta ditingkatkan hingga peserta sembuh.

Sedangkan besaran iuran JKK, dalam RPP itu tercantum 0,3 persen dari upah dan iuran JKM sebesar 0,24-1,74 persen. Selain pekerja penerima upah, program JKK dan JKM juga menyasar pekerja bukan penerima upah. Dengan besaran iuran tidak menggunakan presentase, tapi nominal sekitar Rp6.000- Rp6.500 untuk satu orang setiap bulan

Pada saat yang sama, BPJS Ketenagakerjaan memberikan stimulus iuran selama tiga bulan kepada 5.000 nelayan, dan sebanyak 2.500 alat tangkap ramah lingkungan bagi 31 Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan.

Leave a Reply