Cara mengubah HGB menjadi SHM

Cara mengubah HGB menjadi SHM – HGB merupakan salah satu bentuk hak Guna Bangunan yang saat ini banyak digunakan pada Kepemilikan rumah, dimana status ini masih belum dikategorikan titik aman, melainkan kita perlu merubahnya menjadi SHM atau Sertifikat Hak Milik, dengan status kepemilikan rumah kita menjadi SHM maka ketika terjadi Sengketa atau Pindah tangan dapat mudah mengurusnya.

Untuk mengubah bentuk legalitas yang di keluarkan oleh BPN-RI dapat kita lakukan sendiri dengan mudah. Status kepemilikikan hal miki merupakan status yang paling kuat tanpa ada campur tangan oleh pihak lain. Maka dari itu kita perlu memiliki legalitas menggunakan SHM tersebut. Adapun untuk mengubahnya dapat dilakukan beberapa cara berikut :

Anda dapat datang ke Kantor Pertanahan yang dekat dengan lokasi property yang hendak disertifikatkan tersebut, kemudian kita membeli dan mengisi formuir permohonan kepadaka Kepala Kantor Pertahanan, jangan lupa untuk mengiapkan Materai dan dokumen-dokumen yang harus disiapkan.

Adapun dokumen yang harus dilengkapi untuk mengajukan SHM (Sertifikat Hak Milik) sebagai berikut : SHGB (sertifikat asli hal guna bangunan, Fotocopy Izin mendirikan Bangunan, Identitas Diri seperti KTP dsb, Bukti pembayaran Pajak SPPT PBB, Surat pernyataan kepemilikan Lahan.

Selanjutnya anda harus membayar Biaya Perkara BPHTB yaitu BPHTB Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan, itu adalah biaya yang wajib dibayarkan bagi pemilik rumah, Begitu juga perubahan Status dari HGB menjadi SHM ada biayanya, besarnya tergantung Biaya NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) dan Luas Tanah..

Leave a Reply