Cara Budidaya Burung Puyuh

Cara Budidaya Burung Puyuh – Burung Puyuh merupakan burung yang bentuk nya mirip dengan ayam kecil yang tidak bisa terbang tinggi, dia hidup di semak-semak ilalang dan bertelur dibawah, bukan diatas pohon. Saat dikampung saya lebih mengenal burung ini dengan anma burung Gemak, dengan bulu berwarna coklat lorek-lorek hitam. Banyak orang yang membudidaya burung puyuh untuk dimanfaatkan telur nya.

Burung puyuh merupakan burung yang banyak dijumpai di pulau sumatera, butung ini merupakan kelas ungas dengan famili Phasianidae. Telurnya memiliki gizi yang sangat tinggi sekali. Yang dimanfaatkan dari burung puyuh selain telurnya juga bisa di ambil bulu , daging dan kotorannya sebagai pupuk kompos. Sehingga tidak jarang orang yang membudidaya burung puyuh ini, karena sangat mudah Seperti memilihara Ayam.

Jika anda memutuskan untuk memelihara burung puyuh maka pastikan lokasi kandang tidak berada ditempat keramaian, karena burung ini sangat tidak senang dengan tempat ramai / pemukiman penduduk dan kondisi suasana lingkungan tempat untuk memelihara burung puyuh ini memiliki sirkulasi udara yang baik.

kandang untuk budidaya burung puyuh

kandang untuk budidaya burung puyuh

 

Untuk membudidaya burung puyuh, hal yang perlu anda persiapkan yaitu kandang, dengan ukuran 1 m 2 jika anda memelihara 90 – 100 ekor burung anakan, jika dewasa yaitu dengan ukuran kandang tersebut hanya cukup untuk 40 ekor saja angan dipaksakan lebih dari jumlah maksimal, jika ingin lebih maka solusinya anda membuat kandang yang lebih besar lagi. Perhatikan kondisi suhu kandang harus berkisar 20-25 derajat celcius dengan kelembapan berkisar 30-80%. serta penerangan yang baik pada siang hari cukup 25-40 watt, sedangkan malam hari 40-60 watt.

{eratlatan lain yang dibutuhkan dalam memelihara burung puyuh yaitu Perlengkapan kandang berupa tempat makan, tempat minum, tempat bertelur dan tempat obat-obatan..Kemudian, Jika anda memang ingin membudidaya puyuh untuk di manfaatkan telurnya maka alangkah baik nya anda membeli bibit burung puyuh yang sudah dewasa dan siap bertelur, sedangkan jika anda membudidaya untuk dijual lagi maka anda bisa memelihara puyuh dari mulai anakan.

Berilah pakan kepada burung puyuh berupa bentuk pallet, remah-remah dan tepung. Pemberian makan untuk bibit anakan setiap pagi dan sore, sedangkan jika sudah dewasa konsumsinya dikurangi yaitu pemberian makan hanya pada pagi hari saja, kemudian sediakan minum yang cukup bila perlu untuk menghindari penyakit unggas anda bisa memberikannya vaksin dengan dosis separo dari dosis untuk ayam.

 

 

Mungkin ini yang Anda Maksud : cara beternak burung puyuh, kandang puyuh 2017, ternak burung puyuh petelur

Comments are closed.