Cara membersihkan telinga kucing dengan benar

Cara membersihkan telinga kucing dengan benar – Memilihara kucing sangat menyenangkan, bahkan memiliki keistimewaan tersendiri, dalam memelihara kucing kita harus benar merawatnya dengan baik, mulai dari memandikan, memberimakan dan membersihkan kucing. Dalam membersihkan kucing hal yang paling banyak dilewatkan yaitu bagian kuping atau telinga, banyak orang yang melupkan bagian tersebut untuk dibersihkan.

Membersihkan telinga kucing itu memang harus, karena ketika kuping yang tidak dibersihkan kotoran yang ada akan mengarak dan justru membuat kucing kita merasa tidak nyaman.  Lakukan perawatan kucing sama halnya dengan merawat bayi. Mungkin ada sebagian pecinta kucing yang belum mengerti bagaimana cara membersihkan kuping atau telinga kucing dengan benar, bahkan ada juga yang tidak mau tahu. untuk itu artikel ini akan memaparkannya.

membersihkan telinga kucing

tips membersihkan kuping kucing dengan benar

tips membersihkan kuping kucing dengan benar

Masalah umum yang banyak dijumpai mengenai kuping kucing, yaitu biasanya telinga yang tidak dibersihkan akan mengalami Ear Mites, Infeksi Bakteri, Infeksi Jamur, Kanker, Alergi dan juga menumpuknya kotorngan yang berkarak, ketika masalah itu terjadi pada kucing kita maka kucing akan merasa tidak nyaman dan sering mengong karena ketidak nyamananan nya tersebut. sebagai pemilik kucing harus nya peka dan membersihkan telinga kucing dengan segera.

Siapkan beberapa alat yang diperlukan dalam membersihkan telinga kucing, yaitu cutton bad lembut (yang sering dipakai untuk membersihkan telinga bayi), atau pinset dengan kapas. Kemudian siapkan juga cairan pelembut kotoran seperti baby oil, atau pembersih khusus hewan yang banyak dijual di toko hewan (pet shop).

Kemudian teteskan oil kedalam telinga kucing secara perlahan secukupnya, pastikan kondisi kucing tenang, bisa sambil di elus elus lehernya. Kemudian setelah diteteskan pijat bagian telinga agar cairan merata, tunggulah sampai kotoran yang ada ditelinga kucing lunak, ketika sudah lunak maka kotoran tersebut dapat langsung dibersihkan menggunakan cutton bat yang telah disiapkan sebelumnya. Lakukan pembersihakan telinga kucing secara berkala dan berhati hati, karena bagian telinga kucing ini sanagt sensitif sekali.

Jika ternyata kuping atau telinga kucing anda mengalami gangguan sakit, seperti luka, koreng atau sejenisnya, maka lebih baik anda jangan bersihkan, namun yang anda lakukan adalah membawa kucing anda ke dokter hewan. Karena ketika anda salah melakukan maka justru akan membuat sakit lebih parah.

Leave a Reply