Tips yang harus dilakukan dalam merawat burung kenari supaya gacor

Tips yang harus dilakukan dalam merawat burung kenari supaya gacor – Burung kenari merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia untuk dipelihara. Burung ini sangat cantik, memiliki tumbuh mungil dan corak warna yang indah, tak heran jika burung ini banyak di minati. Mungkin anda termasuk salah satu pecinta burung kicau berjenis kenari ini. Pada dasarnya seseorang ingin memelihara burung bukan hanya karena corak warna bulu burung tersebut, melainkan suara nya yang merdu, apalagi ketika bersiul dipagi hari membuat suasana menjadi tenang bagaikan di alam bebas.

Untuk diketahui, burung kenari yang paling rajin berkicau adalah burung kenari yang berjenis kelamin jantan. Perbedaan burung kenari jantan dan betina dapat dilihar dari poster tubuh, poster tubuh jantan lebih besar dibandingkan tubuh betina, serta dapat dilihat dari panjangnya tatakan kaki, burung jantan lebih panjang tatakan kakinya, begitulah seperti apa yang telah dikutip dari Omkicau.

Buat yang sudah berpengalaman dalam memilihara burung, tentu bukan hal yang susah menjadikan burung tersebut gacor (rajin berkicau). Namun bagi pemula, yang baru saja terjun dalam dunia perkicauan, dan apalagi jenis burung yang diminati adalah burung kenari, maka anda harus mengetahui tips dalam memelihara burung kenari ini, mulai dari pengandangan, pemandian, makan hingga memperlakukan nya sebagai buah hati, ketika dapat dilakukan dengan baik maka burung pun akan tumbuh seperti apa yang kita inginkan.

1. Memandikan dan Membersihkan

Ketika anda memiliki burung kenari, anda harus memperhatikan kebersihannya, yaitu supaya memandikan burung setiap pagi hari sekitar pukul 7 dengan menggunakan spray, tapi tergantung musim juga. kalau musim hujan tentunya tidak terlalu sering dimandikan. Ketika memandikan burung kenari, anda juga harus perhatikan kondisi kebersihan kandang mulai dari tempat makan dan tempat minum, tempat bertengger dll, usahakan supaya tetap bersih dari kotoran.

2. Melakukan Penjemuran 

Lakukan penjemuran pada burung kenari anda ketika cuaca sedang cerah, hal ini dapat memberikan dampak baik bagi burung kenari namun pastikan ketika menjemur burung anda harus hindari penempatan yang buruk yaitu terkena sinar matahari langsung, terutama ketika panas sedang terik, hal itu justru bukan membuat burung anda sehat, akan tetapi dapat menimbulkan kematian. catatan lagi, perhatikan juga embusan angin, usahakan hembusan angin tidak terlalu kencang, karena dikhawatirkan dapat membuat burung anda terkena penyakit.

3. Ketersediaan Air bersih, Makanan berupa biji bijian

Pastikan anda selalu memperhatikan ketersediaan air didalam kandang, karena burung kenari ini memiliki metabolisme yang cukup tinggi. Hal yang harus anda ketahui, jangan anda mengambil air langsung dari air PDAM, kalau bisa berikan air kemasan bermerek, seperti AQUA, ADES dll ,karena dipastikan kondisi airnya lebih bagus ketimbang ambil dari keram PDAM. kalau anda bisa menemukan sumur bersih tidak jadi masalah.

Berikan pakan yang sehat, burung kenari lebih suka makan makanan berupa biji bijian atau buh buahan, karena sesuai dengan bentuk baruh nya yang melenkung imut. Anda bisa membeli pakan burung kenari ini di toko – toko pakan burung. Bisa juga memberikan makanan jenis lain yang disukai oleh burung kenari, misalkan eggfood , burung kenari cocok sekali makan eggfood karena mengandung banyak protein yang dibutuhkan dalam metabolisme tubuh nya.

4. Pemasteran Suara Rekaman Burung

Lakukan pemasteran suara, baik melalui suara burung secara langsung atau dalam bentuk rekaman MP3 yang bisa anda peroleh dari download di internet. Pokoknya buatlah suasana disekitar burung kenari seolah banyak burung yang berkicau untuk memancing burung kenari anda ikut berbunya, dalam menggantung burung supaya lebih tinggi paling tidak kucing atau binatang pemangsa tidak dapat menggapai burung kenari anda.

Leave a Reply