Wisata Air Terjun Coban Rondo Batu Malang

Wisata Air Terjun Coban Rondo Batu Malang – Liburan ku yang cukup lama sehingga ku memanfaatkannya untuk refreshing, setelahnya liburan dari bali dan lombok kemudian saya melanjutnya untuk pergi ke kota malang, sebenernya sih saya ingin gunung semeru  tapi karena berhubungi waktu dan perlengkapan yang tidak mumpuni maka saya hanya mengunjungi ke beberapa wisata yang ada dimalang seperti apa yang ada di Wonderfull Indonesia.

Dengan waktu yang cukup singkat aku menyempatkan diri untuk mengujungi wisata malang berupa Air Terjun Coban Rondo yang ada di kota Batu Malang. Kebetulan saya teman di daerah Dinoyo, sehingga kalau saya lihat dari GPS rute untuk pergi ke Coban Rondo tidak terlalu jauh dan aksesnya cukup mudah.

pintu masuk ke wisata air terjun coban rondo batu malang

pintu masuk ke wisata air terjun coban rondo batu malang

Daripada menggunakan jasa travel wisata saya lebih baik memilih untuk menyewa sepeda motor dari warga setempat yang tarifnya jauh lebih murah sehingga bisa sedikit menghemat biaya perjalanan, tarif sewa motor di malang itu rata-rata Rp20.000 untuk 12 jam. Bermodalkan petunjuk arah dari GPS di Android maka saya langsung bergegas menuju ke Coban Rondo dengan start yang saya mulai dari Dinoyo.

Mungkin, anda juga tertarik untuk pergi ke Air Terjun Coban Rondo ini, anda bisa mengikuti cara saya dengan menyewa sepeda motor yang ada. Kemudian rute yang harus anda cari yaitu Jalan Mayjend M.T. Haryono dan mengikuti arah menuju kota Batu, lurus terus ambil rute bis puspa indah yang hendak ke kota Kediri atau Jombang ( melalui Jl. IR. Soekarno).

Jalanan yang berkelok-kelok bagi anda yang membawa kendaraan pribadi motor atau mobil supada berhati-hati, karena rawan masuk jurang dan tanah longsor, dalam perjalanan anda akan di suguhkan pemandangan yang indah dari ketinggian dan jajaran hutan pinus yang hijau. Setelah itu anda akan menjumpai Pertigaan yang memberikan petunjuk arah ke coban Rondo, langsung pilih ke arah kiri, lurus terus kemudian anda akan Loket Masuk ke Wisata Air Terjun Coban Rondo :

Air terjun coban rondo ini cukup tinggi, kalau tidak salah tingginya mencapai 1.135 meter dari lereng Gunung Kawi dan alirannya cukup deras jika anda datang di musim penghujan, sedangkan jika anda kunjung pada musim kemarau maka aliran air yang jatuh tidak terlalu bagus.

Untuk masuk ke taman wisata coban rondo anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000 sedangkan jika di akhir pekan tarif tiketnya sebesar Rp12.000. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan disana seperti Labirin, Berkuda, Treewalk, Flying Fox, Rafting dll, namun untuk menikmatinya anda harus merogoh kocek lagi untuk setiap bentuk kegiatan yang saya sebutkan tadi.

Kalau saya cukup mandi dikolam yang ada di bawah air terjun coban rondo, airnya yang dingin membuat saya segar kembali setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh dengan polusi kota yang begitu panasnya. Sama seperti ketika saya berada di air terjun sendang gila lombok, saya tegak air segar yang mengalir disana.

Wisata batu malang ini memiliki sebuah mitos tersendiri yang menjadi sebuah alasan mengapa air terjun ini di namakan Coban Rondo.

Legenda Coban Rondo :

 

Mungkin ini yang Anda Maksud : pintu masuk coban rondo

Leave a Reply