Cara Budidaya Jamur Merang dengan Media Kardus

Cara Budidaya Jamur Merang dengan Media Kardus – Dari berbagai macam jenis jamur yang paling banyak digemari yaitu jamur merang, jamur yang tumbuh bubuk merang / jerami sisa dari gilingan tanaman padi sawah. Jika kesulitan menemukan media tanam merang datau jerami kita bisa menggunakan alternatif lain yaitu menggunakan media kardus, seperti yang telah banyak diterapkan para petani jamur.

Kardus sangat mudah sekali ditemukan banyak orang yang menjual kardus bekas yang di kilokan, kita bisa cari di toko – toko sembako yang banyak dijumpai produk yang dijual dari agen dipack didalam kardus, jadi di gudang toko tentu kardus -kardus itu akan disimpan, kita bisa membelinya untuk digunakan sebagai media budidaya jamur merang ini. Berdasarkan pengalaman dan rekomendasi para petani, membudidaya jamur menggunakan kardus justru dapat menghasilkan jamur yang berkualitas lebih baik,

Budidaya Jamur Merang

membudidaya jamur menggunakan media kardus

membudidaya jamur menggunakan media kardus

Jamur yang tumbuh dengan media kardus ini lebih memiliki tekstur warna yang lebih putih dan bersih, bahkan dijumpai bau yang lebih sedap, dan kekenyalan yang lebih tebal dan padat. Anda bisa bandingkan dengan jamur yang dihasilkan dengan jamur merang yang dihasilkan melalui jerami atau merah yang warnanya cenderung lebih kecoklat – coklatan.

Jika dilogika memang tidak masuk akal membudidaya jamur menggunakan kardus, tapi kenyataannya justru bisa menghasilkan jamur merang yang lebih bagus Mengapa itu terjadi karena kardus juga memiliki kandungan selulosa didalamnya, senyawa yang juga terkandung di jerami dan merah. Karena pada dasarnya kertas kardus dibuat menggunakan bahan dasar pohon.

Waktu yang dibutuhkan dalam membudidaya jamur menggunakan kardus tidak jauh beda dengan media jerami dan merang, namun relatif lebih cepat, karena pernah dijumpai petani yang dapat memanen jamur yang dibudidaya menggunakan kardus rata-rata hanya membutuhkan waktu sekitar 2 minggu, seperti yang saya jelas kan sebelumnya jamur yang dihasilkan jauh lebih baik, dengan tingkat warna dan kekenyalan.

LANGKAH – LANGKAH BUDIDAYA JAMUR MENGGUNAKAN MEDIA KARDUS

  • Siapkan Kardus yang tebal, kardus yang biasanya digunakan untuk membungkus mie atau kardus pembungkus makanan yang lain.Selanjutnya anda membuat kumbung kota dengan ukuran standar yang paling banyak umum digunakan 4×5 meter persegi dan tinggi sekitar 3,5 meter. Kumbung dilapisi plastic polyetiling, dan rangka dinding bisa menggunakan bahan yang terbuat dari tembok bata atau bisa menggunakan bambu anyaman atau bahan yang lainnya .
  • Kardus yang telah anda punya silahkan di sobek kecil – kecil kemudian sobekan kardus itu tadi anda rendam dengan air dedak (makanan hewan). Juga bisa ditambahkan dengan bahan alami lainnya, seperi bekatul atau tanaman sayuran, jangan anda menggunakan pupuk – pupuk kimia.  Setelah anda mencampur itu semua langkah selanjutnya adalah.
  • Masukkan atau pindahkan media tanam ini ke atas barisan rak di dalam kumbung. Diamkan campuran media ini selama sekitar 5 – 10 hari. Selanjutkan lakukan pasteurisasi atau sterilisasi dengan tujuan supaya terhindar dari bakteri disekitar kumbun, bakteri akan mati dengan sendirinya. Kemudian diamkan sehari sebelum ditanam.
  • Saat penanaman, taburkan bibit jamur secara merata di atas media olahan kardua. Lakukan penanaman saat sore hari untuk menghindari efek panas. Kemudian perhatikan proses pertumbuhan bibit. Biasanya dalam waktu 3 hari sudah akan mulai tumbuh jamur. Setelah itu lakukan penyiraman setiap 3 hari sekali secara merata.

Selanjutnya setelah langkah – langkah yang telah disebutkan diatas, silahkan anda menunggu hingga waktunya panen. Waktu panen relatif lebih cepat antara 1-2 minggu dari sejak menanam bibit jamur kedalam media kardus. Perhatian jamur ketika panen, hasilnya dipastikan lebih putih dari jamur yang tumbuh di jerami atau merang, dan baunya lebih harum,  Selamat mencoba.. Artikel ini telah dipublikasi dari : bisnisjamur.com

Mungkin ini yang Anda Maksud : CARA BUDI DAYA JAMUR MERANG, cara budidaya jamur merang dengan media kardus

Comments are closed.