Cicilan Bunga 0% apakah termasuk Riba?

Cicilan Bunga 0% apakah termasuk Riba? – Pada dasarnya sebuah prinsip jual beli kita tidak bisa langsung memutuskan tu Haram (riba) itu halal, melainkan kita harus mengetahui terlebih dahulu akad apa yang digunakan pada saat melakukan transaksi. Jika didalam nya jelas bahwa ada unsur Riba maka bisa diputuskan itu Haram, kemudian bagaimana dengan istilah bunga 0%? .

Kenapa menggunakan istilah bunga padahal nilainya saja NOL , apakah dengan adanya bungo 0% kita sudah bisa terlepas dari Riba saat transaksi tersebut, apakah dengan bunga 0% itu sama artinya dengan tidak ada bunga, atau bahkan sebaliknya itu hanya sebuah trik marketing untuk menjaring nasabah padahal didalam nya masih ada bunganya.

Maka dari itu kita perlu meneliti terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk masuk kedalam transaksi yang menawarkan bunga 0% tersebut. Karena bisa jadi itu merupakan promo diawal dengan batas waktu tertentu, misal bunga untuk 1 tahun pertama sedangkan untuk tahun berikutnya ada bunga sekian persen dan seterusnya.

Bisa juga itu sebuah promosi yang digunakan pada kartu kredit, dimana si pemegang kartu kredit dapat berbelanja dengan hutang pada kartu kredit, ketika hutang tersebut dilunasi dengan tepat waktu maka tidak ada bunga, akan tetapi ketika lewat dari waktu yg ditentukan belum lunas maka ada bunga yang dikenakan,

Kesimpulannya, anda harus meneliti terlebih dahulu bagaimana jalannya transaksi tersebut yang berani menawarkan bunga 0%. Tentu kita harus cermat untuk menyikapi hal tersebut.

Leave a Reply