Kandungan Gizi dan Manfaat Telur Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Telur Bagi Kesehatan – Saya suka sekali dengan yang namanya telur , terutama telur ayam kampung. saya sering sekali makan telur ini berbarengan dengan jamu seusai melakukan gym atau senam untuk menambah stamina dan tenaga pada tubuh. Saya rasa semua orang suka dengan telur, tidak harus telur ayam kampung saja.

Telur kerap dijadikan Jamu dan Lauk Pauk, bisa digoreng ataupun direbus. telur yang halal dimakan ini merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh hewan unggas, bisa ayam, bisa bebek, bisa unggas yang lainnya. Paling enak ya telur ayam dan telur bebek.

Dan memang sebenarnya bukan hanya telur ayam dan telur bebek saja masih banyak telur telur lain yang dapat dimanfaatkan. Namun telur yang dimaksudkan disini adalah telur yang dihasilkan dari unggas, ya termasuk ayam bebek. Telur menjadi makanan favorite para mahasiswa yang tinggal di kost kost an karena cukup instan. bisa di campur dengan mie goreng, nasi goreng dll.

Kandungan Gizi Telur

  • Banyaknya Telur Ayam yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
  • Bagian Telur Ayam yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 90 %
  • Jumlah Kandungan Energi Telur Ayam = 162 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Telur Ayam = 12,8 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Telur Ayam = 11,5 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Telur Ayam = 0,7 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Telur Ayam = 54 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Telur Ayam = 180 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Telur Ayam = 3 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Telur Ayam = 900 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Telur Ayam = 0,1 mg

Manfaat Telur Bagi Kesehatan

Selanjutnya setelah kita mengetahui kandungan gizi yang dimiliki telur ayam, kita sudah bisa menebak bahwa telur memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan manusia. Bersyukurlah bagi anda yang saat ini masih dapat menikmati lezatnya telur, terutama telur ayam kampus yang saya sebutkan diatas setelah melakukan senam.

Kesehatan Mata : Untuk Anda yang mau menjaga mata Anda tetap sehat. Bisa mulai menkonsumsi telur. Karena Karotenoid yang ada di kuning telur, khususnya Karotenoid lutein danzeaxanthin, sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Menurut para peneliti, Karotenoid ini, yang merupakan pigmen berwarna yang memberi warna kuning pada kuning telur, dapat menurunkan risiko penyakit age-related degeneration dan katarak. Zat ini berperan sebagai antioksidan untuk mata, melawan radikal bebas yang dapat merusak beberapa bagian pada retina sehingga dapat mempengaruhi kemampuan mata untuk fokus.

Membantu dalam Kehamilan : Choline merupakan nutrisi penting yang memberikan kontribusi untuk perkembangan otak janin dan membantu mencegah cacat lahir. Dua telur menyediakan sekitar 250 miligram kolin, atau sekitar setengah dari asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita hamil dan menyusui.

Membantu Perkembangan Otak : Kuning telur merupakan salah satu sumber vitamin B-kompleks dan choline yang dikenal baik untuk membantu fungsi sistem syaraf. Choline juga membantu perkembangan otak pada janin ketika dikonsumsi wanita hamil.

Menghilangkan Jerawat : Jerawat pasti sangat menggangu penampilan anda. Apalagi jika Anda merupakan pegawai ataupun seseorang yang bekerja harus menjaga penampilan dan bertemu klien secara langsung. Tentu ini menjadi permasalahan serius yang anda punya. Ternyata telur bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat. Caranya dengan facialkan putih telur pada wajah yang berjerawat untuk merawat jerawat yang sedang meradang sekaligus membuat kulit lebih lembut dan kencang.

Membentuk Otot : Sedang berdiet dan berusaha membentuk tubuh yang atletis? Coba makan telur mentah. Kandungan protein tinggi dalam telur bisa membuat tubuh membentuk otot yang kuat dan berisi.

Menyehatkan Jantung : Telur mentah juga kaya akan antioksidan yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Di dalam dua butir telur mentah, kandungan antioksidannya dua kali lebih tinggi daripada satu buah apel.

Menyembuhkan Gangguan Paru-Paru : Pada beberapa kasus, makan telur mentah ternyata juga ampuh menyembuhkan gangguan pada organ paru-paru, khususnya penderita emphysema.

Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung : Ada sebuah kandungan penting di dalam kuning telur yang bermanfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian pun mengungkap bahwa senyawa tersebut mampu mencegah kanker dan penyakit jantung.

Comments are closed.