Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Manfaat Kangkung untuk Kesehatan – Sahabat Gajah tahu tanaman Kangkung kan, yang bisa dijadikan Makanan setiap hari. Kangkung sangat murah meriah, mudah ditemui karena tumbuh di rawa – rawa. Banyak orang memanfaatkan Kangkung untuk di buat sayur, rata-rata dimasak dengan bumbu tumis. Menjadi santapan pagi yang nikmat.

Walau terlihat sepele, ternyata kangkung memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan tumbuh kita. Gajah suka banget makan kangkung, apalagi pada saat di pondok pesantren, tidak terlepas dari makan sayur kangkung. Karena memang harga nya murah dan terjangkau.

Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Nama Latin kangkung adalah “Ipomoea reptans”. Kangkung sangat mudah sekali di budidaya, karena dalam waktu dekat sekitar 4 hingga 6 minggu sudah bisa tumbuh dengan lebat. Di dalam Kangkung terdapat kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, hentriakontan, dan sitosterol. Berdasarkan penelitian, bahan-bahan yang dikandung oleh Kangkung memiliki manfaat untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan dan sebagai antiracun.

1. Sakit kepala
Bahan: Seikat daun kangkung segar.
Pemakaian: Daun segar direbus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas. Minum air hasil rebusan.

2. Insomnia
Bahan: Daun kangkung.
Pemakaian: Sering-sering makan tumis kangkung tanpa batang.

3. Gusi bengkak
Bahan: 200 gr akar kangkung.
Pemakaian: Akar kangkung dicuci bersih, lalu direbus dengan 200 cc air dan 200 cc cuka. Setelah hangat, air rebusan digunakan untuk kumur-kumur. Lakukan berulang-ulang.

4. Mengurangi haid
Bahan: 1/2kg daun kangkung segar.
Pemakaian: Daun kangkung dicuci, tumbuk halus. Lalu, tuangkan air 1/2 gelas, berikutnya saring dan tuangkan 1 sendok makan madu. Minum 1 kali sehari sekaligus.

5. Ambeien
Bahan: Segenggam akar kangkung.
Pemakaian: Akar kangkung dicuci, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, minum 2 x 1/2 gelas.

6. Sakit gigi
Bahan: Segenggam akar kangkung, 1/2 sendok teh cuka
Pemakaian: Rebus akar kangkung dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya sekaligus 1 kali sehari

Dari Berbagai Sumber

Leave a Reply