Kenapa Burung Makan atau mematuki Bulu Sendiri

Dalam memelihara burung terutama burung – burung yang diperuntukan untuk ikutan kontes seperti murai, kacer dll terkadang mengalami sakit, nama nya juga kehidupan tidak hanya manusia yang diserang penyakit tapi hewan juga akan mengalami hal yang sama, maka kita sebagai pemilik burung harus selalu menjaga dan memeliharanya dengan baik, agar sakit yang dialami burung peliharaan kita dapat sembuh, baik kembali.

Banyak hal yang akan terjadi ketika kita memelihara burung, yang sering terjadi yaitu ketika burung memakan bulu sendiri, itu juga menjadi sebuah masalah, kita harus mencari sebab kenapa ia melakukan hal tersebut. Pada kesempatan kali ini mari kita mencoba membahas topik dalam hal memelihara burung, yang kami kutip sebagian dari omkicau.com

 

Seperti yang telah dikutip dalam situs Omkicau.com bahwa sebagian orang berpendapat bahwa Perilaku burung mematuki bulu sendiri bisa dikatakan normal dan sebagian ada yang mengatakan tidak normal. Sehingga Ada beberapa kemungkinan burung matukin bulu sendiri.

Kita akan sering melihat burung akan mematuki bulu-bulunya ketika kita selesai memandikannya, dimana hal tersebut masih dikatakan Perilaku yang normal karena biasanya hal tersebut dilakukan burung untuk berhias diri dan merapikan bulu-bulunya. Sehingga ketika melihat Bulu yang tidak sehat atau patah-patah maka secara naluriah bulu tersebut akan dibuang sendiri.

Adapun prilaku burung yang tidak normal ketika memakan atau mematuki bulu sendiri secara berlebihan maka akan menyebabkan rusak pada bulu atau bahkan botak. Untuk itu kita sebagai pemilik burung tersebut harus bisa mengatasinya, cari apa penyebab yang menjadikan burung melakukan hal demikian.

Mungkin saja tempat atau sangkar yang terlalu kering udara, secara terjadwal paling tidak 2 hari sekali dijemur dalam cuaca yang hangat sambil menyeprot tubuh burung dengan air bersih. Secara praktek jangan membuat burung ketakutan atau shok untuk itu semprotlah dengan lembut.

Berikan vitamin yang cukup kedalam pakan burung, mungkin saja karena kekurangan Vitamil atau mineral burung mematuki bulu bulu nya. Jika ditemukan kutu mite atau flea maka coba basmi dengan menyemprotkan insketisida yang bahan aktifnya pyrethrine secara hati hati untuk membunuh ektoparasit tersebut. Dan usahakan peletakannya cukup terhadap sinar matahari tapi tidak terlalu menyengat.

Mungkin ini yang Anda Maksud : kenari makan bulu sendiri, burung kacer memakan bulunya sendiri, burung labet memakan bulunya sendiri, kacer makan bulunya sendiri, kenapa kenari makan bulu sendiri, kenari makan bulu

Leave a Reply